Aplikasi Kalkulator Sederhana
Saturday, May 9, 2009
Kalkulator sederhana ini terdiri dari fungsi-fungsi perhitungan standar, seperti +, - , *, /, tombol Clear, tombol BackSpace dan tombol Exit.
Object yang terdapat pada Jframe ini adalah :
- Panel
- TextField
- Button
- Desain Form seperti gambar diatas
- Edit teks pada masing-masing objek, klik kanan pada objek - pilih Edit Text.
- Ganti nama masing-masing objek, klik kanan pada objek - pilih Change Variabel Name...contoh untuk TextField ganti jadi layarTextField. untuk Button ganti jadi satuButton, dst...
- Jika perlu ganti properti warna Panel seperti gambar diatas.

private void satuButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { angka += "1"; layarTextField.setText(angka); }Lanjutkan untuk tombol angka berikutnya. Untuk tombol desimal (.) berikut kode programnya:
private void komaButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { if(layarTextField.getText().length()<= 1){ angka = "0."; layarTextField.setText(angka); }else{ angka += "."; layarTextField.setText(angka);} }Untuk tombol Tambah(+):
private void tambahButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { operator = "+"; operand1 = Double.parseDouble(layarTextField.getText()); angka = ""; }Lanjutkan untuk tombol kurang, kali dan bagi. Kode untuk tombol samadengan(=):
private void samadenganButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { operand2 = Double.parseDouble(layarTextField.getText()); if(operator == "+"){ hasil = operand1 + operand2; }else if(operator == "-"){ hasil = operand1 - operand2; }else if(operator == "*"){ hasil = operand1 * operand2; }else if(operator == "/"){ if(operand2 == 0){ hasil = 0; }else{ hasil = operand1 / operand2;} }else{ hasil = (operand1 / operand2) * 100; } layarTextField.setText(String.valueOf(hasil)); angka=""; }Untuk tombol Clear:
private void clearButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { angka = ""; layarTextField.setText(angka); layarTextField.setText("0"); }Untuk tombol BackSpace(B):
private void bButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { if(layarTextField.getText().length() <= 1) { angka = ""; layarTextField.setText("0"); }else{ angka = layarTextField.getText().substring(0, layarTextField.getText().length() - 1); layarTextField.setText(angka); } }Untuk tombol Exit(E):
private void keluarMenuItemActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { System.exit(0); }Setelah selesai menuliskan kode program, langkah berikutnya menjalankan Form, tekan Shift+F6.
0 komentar:
Post a Comment